Minggu, 04 Desember 2011

MATERI DISKUSI KELAS IIIB

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa kembali dalam diskusi online mata kuliah ekologi tumbuhan. Sesuai dengan kesepakatan kita di kelas, diskusi ini akan kita mulai dari pukul 19.00 (tgl 5 november 2011) sampai pukul 19.00 (tgl 6 november 2011). Lakukan diskusi secara jujur dan bertanggung jawab, mengedepankan aspek karakter.

Adapun materi diskusi adalah sebagai berikut:




Dalam kehidupan sehari-hari, telah nyata kita rasakan bahwa tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan di bumi. Dari sekian banyak peran yang dimainkan oleh tumbuhan, hampir sebagian besar memberikan peranan positip karena berbagai manfaat yang diberikan / yang bisa di dapatkan dari keberadaan tumbuhan.

BERIKAN KOMENTAR ANDA, HUBUNGAN TUMBUHAN DENGAN KONSERVASI AIR TANAH, DAN JELASKAN PULA BAGAIMANA MEKANISMENYA? APA KEBIJAKAN YANG AKAN ANDA AMBIL, JIKA SEUMPAMA ANDA MENJADI PENENTU KEBIJAKAN DI KOTA MALANG? (HARUS REALISTIS).

SELAMAT BERDISKUSI

46 komentar:

  1. Tumbuhan dapat berfungsi sebagai pembantu daerah resapan air, dalam hubungannya dengan konservasi air tanah serahusnya menggunakan tumbuhan yang mempunyai daya evapotranspirasi yang rendah, dengan sistem perakaran dan serasah yang dapat memperbesar porositas tanah. Sehingga jika terjadi hujan lebat, maka air hujan akan masuk ke dalam tanah sebagai air infiltrasi dan air tanah serta hanya sedikit yang menjadi air limpasan. Dengan demikian tumbuhan dapat membantu mengatasi masalah pelestarian air tanah. Jenis tanaman yang sesuai di antaranya cemara laut (Casuarina equisetifolia), Ficus elastica, karet (Hevea brasiliensis), manggis (Garcinia mangostana), bungur (Lagerstroemia speciosa), Fragraea fragrans, dan kelapa (Cocos nucifera). Jika saya menjadi penentu kebijakan dikota Malang saya kan menanam pohon tersebut diatas sebagai upaya konservasi air tanah daerah Malang

    BalasHapus
  2. Konservasi tanah diartikan sebagai upaya mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi sedangkan Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin, dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang merusak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau.Jadi keduanya tidak dapat dipisahkan,., mekanisme dari hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah yaitu adanya peran serta akar tumbuhan melalui proses evavotranspirasi yang dapat meminimalisir konservasi air didalam tanah agar tidak terjadi erosi tanah dan dampak negatif yg lainnya.
    jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang :
    1. menyisihkan kas daerah kota Malang untuk penghijauan.
    2. melakukan penghijauan pada lahan yang gundul.
    3. melakukan penyuluhan terhadap masyarakat pentingnya konservasi tanah bagi kelangsungan pertanian,dll
    4. membangun irigasi air yang baik

    BalasHapus
  3. Tumbuhan memiliki peran yang sangat penting yaitu dalam proses peresapan air kedalam tanah. sedangkan konservasi tanah diartikan sebagai upaya mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi. Konservasi tanah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan konservasi air. Setiap perlakuan yang diberikan pada sebidang tanah akan mempengaruhi tata air pada tempat itu. Oleh karena itu konservasi tanah dan konservasi air merupakan dua hal yang berhubungan erat sekali. dalam hal ini Tumbuhan pun memiki hubungan dengan konservasi air tanah yaitu melalui sistem perakarannya tumbuhan mampu melakukan evapotranspirasi, juga membantu mencegah terjadinya erosi pada tanah. jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang saya akan memaksimalkan mungkin melakukan sosialisasi pada masyarakat kota malang pentingnya tumbuhan sebagai konservasi air tanah, melakukan penghijauan atau reboisasi pada lahan gundul, bekerja sama dengan kepala dinas pertanian dan kehutanan kota malang dalam menjaga dan melestarikan flora dikota malang, serta menindak tegas pelaku penebangan hutan secara ilegal...

    BalasHapus
  4. kita tahu bahwa Konservasi tanah diartikan sebagai penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah (Arsjad, 2000), dikatakan selanjutnya bahwa konservasi tanah tidaklah berarti penundaan atau pelarangan pengunaan tanah, tetapi menyesuaikan jenis penggunaannya dengan kemampuan tanah dan memberikan perlakuan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan, agar tanah dapat berfungsi secara lestari.hubungan antara keduanya sandat lah erat tidak dapat di pisahkan karena pada dasarnya baiknya suatu tumbuahn tergantung konservasi tanah tersebut.terkait dengan hal tersebut bahwasannya tumbuhan juga memiliki keterkaitan dengan konservasi air tanah tersebut yakni pada tunbuhan tersebut menggunakan sistem perakarannya untuk memalukan evapotranspirasi dan menjegah juga berbagai jenis degradasi tanah yaitu eros.
    Dan jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang sya akan emlakukan sosialisasi dari tingkatan yang paling rendah sampai kepada tingkatan yang paling tinggi untuk memberikan penyadara bahwasannya pentingnya kelangsungan tunbuhan sebagai konservasi air tanah dan saya akan melakukan reboisasi pada daerah yang gundula akan tumbuhan dan tidak lupa pula dalam menjalankan hal demikian ini saya akan melakukan kerja sama dengan dinas yang terkait misalnya dinas kehutanan aga bisa berjalan dengan efisien agar seluruh tumbuhan maupun binatang dapat terjaga dan saya akan menindak siapapun orangnya apabila dia melakukan penebangan atau pembakaran huta secara sengaja maupun tidak sengaja ,,,,

    BalasHapus
  5. saya setuju dengan mbak cepty bahwa konservasi tanah digunakan untuk pecegahan dari erosi,dll tapi saya sedikit punya pendapat bahwa konservasi tanah itu penyesuaian macam pengunaan dengan kemampuan tanah yang memberikan perlakuan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan , agar tanah dapat berfungsi secara maksimal. dan konservasi air saya juga sependapat dengan mbk septi sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa konservasi tanah dan air sangat saling mempengaruhi dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena berbagai tindakan konservasi tanah juga tindakan konservasi air.sehingga dengan berbagai hubungan ini seperti halnya orang petani harus bisa memelihara jumlah, waktu aliran dan jumlah kualitas air sebagai cara pengelolahan dan pengunaan yang baik dan sebagai penerapan secara efesien mungkin..sehingga dalam konservasi air tanah yang melalui sistem poerakaran tumbuhan mampu melakukan evapotranspirasi, selain itu juga bisa membantu dalam erosi tanah.kalau saya menjadi penentu kebijakan di kota malng saya akan melakukan program cinta lingkungan dimana setiap warga kota malng di himbau untuk cinta dengan lingkungan dengan cara selalu melakuakn reboisasi, selain itu juga saya akn mengeluarkan kebijakan untuk membuat hutan jantung di kota malang dengan penanaman pohon2 di suatu area yang khusus untuk penanaman berbagai tumbuhan... dan saya juga akn melakukan suatu kegiatan seperti penyuluan di setiap penduduk kota malang akn pentingnya tumbuhan dalam kehidupan kita.

    BalasHapus
  6. tumbuhan memiliki peran yg penting utk kehidupan manusia.tumbuhan dapat menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. dan dari proses fotosintesis tersebut, tumbuhan juga memerlukan air sebagai bahan utk proses tersebut.tumbuhan juga dapat membantu penyerapan air kedalam tanah melalui suatu proses yang disebut evapotranspirasi.melalui akar-akar tumbuhan yang dapat membantu penyerapan air kedalam tanah.konservasi tanah sendiri diartikan sebagai suatu strategi pengaturan untuk mencegah erosi tanah dari permukaan bumi.
    Terbentuknya air tanah dijelaskan dengan teori siklus hidrologi yaitu: air laut menguap\ membentuk awan yang mengandung uap air, awan dihembus oleh angin ke arah daratan, turun ke daratan sebagai hujan, sebagian mengalir di permukaan sebagai aliran permukaan berupa sungai dan kembali ke laut, sebagian masuk ke dalam tanah mengisi pori-pori batuan dalam lapisan pembawa air tanah, kemudian keluar ke permukaan secara alami sebagai mata air atau karena proses aktivitas manusia melalui sumur-sumur gali atau pemboran, mengalir ke laut, menguap kembali menjadi awan dan seterusnya secara berulang.
    jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang, hal-hal yang akan saya lakukan antara lain melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan pelestarian lingkungan, seperti para petani, dan kepala dinas pertanian untuk melakukan reboisasi atau menanami suatu lahan yg berpotensi besar dalam penyerapan air tanah dan untuk penghijauan. serta memberikan penyuluhan kepada para petani agar mereka tidak sembarangan dalam menanam tanaman yg nantinya dapat merusak kelestarian tanah serta salinitas air.
    nah yg ingin saya tanyakan kepada saudari septi, anda mengatakan bahwa 'Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin', nah apakah air hujan yg jatuh kedalam tanah hanya dimanfaatkan utk pertanian saja ? lalu mengatur waktu aliran air yg seperti apa yg anda maksudkan ? tolong lebih diperjelas lagi :)

    BalasHapus
  7. saya setuju pa yang dikatakan saudara ilmin bahwa tumbuhan mempunyai hubungan sangat erat terhadap konservasi air tanah, sebab ketika kita menanam tanaman yang memunyai akar yang berpotensi untuk menyerap air secara tidak langsung merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalm konservasi air sekaligus tanah. sebagaimana kita ketahui bahwa akar yang ada pada tanaman salah satu fungsinya adalah untuk membantu penyerapan air kedalam tanah sehingga apabila ada hujan lebat tanah tidak akan terjadi erosi maupun degradasi.
    Konservasi tanah adalah serangkaian strategi pengaturan untuk mencegah erosi tanah dari permukaan bumi atau terjadi perubahan secara kimiawi atau biologi akibat penggunaan yang berlebihan, salinisasi, pengasaman, atau akibat kontaminasi lainnya. Strategi yang biasanya dipakai.

    dan jika saya diberi kesempatan untuk menjadi penentu kebijakan di Kota Malang, pertama saya akan mengadakan sosialisasi tentang betapa pentinganya tumbuhan bagi kelangsungan hidup organisme lain, setelah itu menagadakan realisasi dari sosialisasi tersebut dengan cara salh satunya adalah mengadakan reboisasi lahan2 gundul, ataupun mengadakan acara penanaman 1000 poho serta melestarikannya dan menjaganya, setelah itu untuk memudahkan melakuakn hal itu semua, pa yang di katakan saudara ilmin tidak lupa mengadakan kerjasama dengan pihak yeng terkait baik itu dari kepala desa, dinas perhutan dan lain2.

    BalasHapus
  8. Ditinjau dari maksud Konservasi tanah terlebih dahulu ialah serangkaian strategi atau cara pengaturan untuk mencegah erosi tanah dari permukaan bumi atau terjadi perubahan secara kimiawi atau biologi akibat penggunaan yang berlebihan, salinisasi, pengasaman, atau akibat kontaminasi lainnya. mekanisme dari hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah itu maksudnya dimana proses evapotranspirasi yang terjadi di dalam tanah dapat memmbantu meminimalisir kebutuhan air yang akan diserap oleh tanah,,agar dapat mencegah terjadinya erosi tanah itu sendiri.dan supaya tidak berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan tanaman tersebut.
    Dan bila saya menjadi penentu kebijakan di kota malang,langkah awal yang akan saya lakukan ialah...
    1. Di mulai dari diri sendiri menanam tumbuhan yang sekiranya dapat bermanfaat untuk kedepanya
    2. Mengadakan sosialisasi atau pengarahan terhadap masyarat kota malang tentang peran penting tumbuhan sebagai konservasi air tanah
    3. Melakukan reboisasi dan penghijauan bersama masyarakat kota malang umumnya
    4. Bekerja sama dengan dinas-dinas yang terkait di dalamnya,agar dapat menjaga hal-hal yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut
    5. Memberi sanksi yang tegas apabila ada sekelompok pihak yang telah melakukan hal buruk yang berkaitan tentang lingkungan.
    6. Melestarikan dan berusaha tetap menjaga flora dan fauna yang telah dlindungi.

    BalasHapus
  9. menurut saya, HUBUNGAN TUMBUHAN DENGAN KONSERVASI AIR TANAH cukup erat kaitannya. Karena pada dasarnya konservasi air tanah adalah upaya yang dilakukan manusia untuk melestarikan atau melindungi alam, terutama air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Dan air tanah sendiri juga merupakan fartor pengaruh terpenting pada tumbuhan.
    setuju sama mbk @Dwie Septi Ningsih
    konservasi air tanah dapat di mulai dari "penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin, dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang merusak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau."
    untuk mbak @susantika nilam cahaya
    "akn melakukan suatu kegiatan seperti penyuluan di setiap penduduk kota malang akn pentingnya tumbuhan dalam kehidupan kita."
    nah kalau diadakan penyuluhan di setiap penduduk kota malang, bukannya malah tidak efisien terhadap waktu?? menurut saya, hanya perwakilan saja dari setiap desa/daerah dikumpulkan dan diberi penyuluhan. Baru nanti orang perwakilan itu akan memberitahukan kepada warga lainnya yang berada di masing-masing desa/daerah tersebut. ^.^

    BalasHapus
  10. Pada dasarnya saya sependapat dengan teman2. Bahwa tumbuhan dengan konservasi air dan konservasi tanah saling berhubungan, dapat dilihat dari pengertian masing2, konservasi tanah merupakan upaya untuk mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi. Konservasi air yaitu, penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin. Sedangkan sedangkan tumbuhan berprean dalam mengontrol erosi tanah, dan mempertahankan serta memperbaiki sifat2 fisik dan kesuburan tanah. Dari situ sudah terlihat jelas bahwa antara tumbuhan dengan konservasi tanah dan konservasi air sangat erat hubungannya. Apabila saya sebagai pihak penentu kota Malang, saya akan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat terkait pentingnya tumbuhan terhadap konservasi air tanah, sehingga masyrakat sadar betapa pentingya tumbuhan tsb, menghimbau masyarakat sekitar agar menanam pohon, terutama di daerah yang gersang, serta mengembangkan teknologi konservasi untuk pengendalian pencemaran tanah di daerah setempat.

    BalasHapus
  11. Hm.. melihat teman-teman pada liat literatur.. saia.. Straight to the point aja ya..
    Tumbuhan memiliki daya untuk menyimpan kandungan air tanah sekaligus mencegah terjadinya erosi.
    Tapi tidak semua tumbuhan layak di tanam pada kondisi yang sama.Saya ambil contoh permasalahan di sektor pertanian. Pada kenyataannya, tanaman semusim yang seharusnya ditanam pada lahan datar saja juga ditanam dilahan miring. Nah, ini salah satu faktor munculnya hal yang tidak diinginkan, longsor misalnya. Seharusnya pada lahan miring ditanam tanaman tahunan, hutan,semak,rumput-rumputan mengapa demikian?.
    Jika saya menjadi "PENENTU KEBIJAKAN" saya akan memberi lahan khusus untuk sektor pertanian yang tidak dapat diganggu gugat oleh sektor lain (karena biasanya sektor pertanian yang menjadi korban bagi sektor pemukiman dll) dan memberi peraturan di sektor pertanian untuk tidak menanam tanaman-tanaman semusim pada lahan miring melainkan tanaman hutan, rerumputan,semak dll. Ada beberapa efek yang dapat dihasilkan dari vegetasi hutan pada lahan miring diantaranya:
    1.Intersepsi terhadap curah hujan
    2.Mengurangi kecepatan run off
    3.Perakaran tanaman akan memperbesar granulasi dan porositas tanah.
    4.Mempengaruhi aktifitas mikro organisme yang berakibat pada meninhkatkan porositas tanah.
    5.Transpirasi tanaman akan berpengaruh pada lengas tanah pada hari berikutnya

    selain itu, Pengelolaan tanaman penutup tanah secara intercropping dengan tanaman pohon dapat mengurangi erosi loh.
    Tanaman penutup tanah meliputi : Centrosema, Indegofera, Bahia grass, Guinea grass, Summer soy bean, Rice straw mulch.

    Untuk menjaga Air tanah, kita perlu menjaga tanaman khususnya yang menyimpan air tanah
    Kita-Tumbuhan-Dan Alam adalah hidup berdampingan :)

    BalasHapus
  12. Saya setuju dengan komentar mb.septi yang mengatakan bahwa konservasi tanah merupakan upaya untuk mencegah kerusakan tanah misalnya saja erosi. Saya juga mau menambahkan bahwa tumbuhan juga berperan dalam konservasi tanah. Tumbuhan memiliki akar yang bisa juga digunakan untuk menyerap air dan menahan tanah dari erosi sehingga kadar air dalam tanah tetap terjaga dan tidak sampai menyebabkan erosi. Sehingga apabila terjadi hujan yang sangat deras air akan terkontrol karena aktivitas akar pada tumbuhan dan tanah terhindar dari erosi. Apabila saya menjadi penentu kebijakan di kota Malang saya akan menghimbau masyarakat kota Malang dengan melakukan gerakan penanaman pohon tetapi tidak hanya sekedar menanam terus ditinggalkan, tetapi juga harus tetap dirawat. Selain itu juga melakukan gerakan reboisasi dan penyuluhan pada tiap daerah supaya masyarakat sadar akan pentingnya tumbuhan bagi kehidupan kita.

    BalasHapus
  13. Saya setuju dengan pendapat dari saudari susan, dimana tumbuhan sangat penting dalam hal resapan air pada tanah. Namun, saya kurang setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa dalam kaitannya dengan konservasi air tanah digunakan tumbuhan dengan daya evapotranspirasi yang rendah. Kita tahu bahwa evapotranspirasi merupakan proses kehilangan air pada tanah melalui tumbuhan. Kalau tumbuhan itu mempunyai daya evapotranspirasi yang rendah, maka daya resap tumbuhan tersebut terhadap air juga rendah. Hal ini dapat menyebabkan air pada permukaan tanah tidak dapat terserap dengan optimal. Sehingga bisa menyebabkan misalnya banjir (konservasi air tanah yang tidak baik). Dalam hubungan antara tumbuhan dengan konservasi air tanah bahwa tumbuhan mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal konservasi air tanah. Hal ini dikarenakan bahwa air pada tanah diperlukan tumbuhan salah satunya untuk melakukan proses fotosintesis. Dengan adanya tumbuhan yang selalu menyerap air pada tanah diharapkan konservasi air tanah selalu terjaga. Mekanisme hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah yaitu tumbuhan akan selalu menyerap air pada tanah untuk kegiatan tumbuhan itu sendiri misalnya proses fotosintesis. Dengan tumbuhan yang menyerap air pada tanah tersebut, air pada permukaan tanah akan selalu terserap oleh tanah dengan baik. Air yang masuk kedalam tanah akan diserap kembali oleh tumbuhan dan begitu seterusnya. Sehingga konservasi air tanah tetap terjaga dengan baik.
    Kebijakan yang saya ambil di Kota Malang untuk menjaga konservasi air tanah agar tetap terjaga dengan baik ialah yang pertama dengan mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat Kota Malang, Selanjutnya membuat dan merealisasikan program-program yang berkaitan dengan konservasi air tanah misalnya dengan melakukan penanaman tumbuhan ditempat yang sesuai. Kemudian, dalam penanaman tumbuhan tersebut juga disertai dengan merawat dan menjaganya dengan baik. Sehingga diharapkan konservasi air tanah dapat terwujud dengan baik dan sukses. Amiiiin.....

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Saya setuju dari pendapat teman-teman semua bahwa tumbuhan erat kaitannya dengan koservasi air tanah. Sebelumnya kita perlu tahu dahulu tentang konservasi air tanah, yang dapat diartikan sebagai upaya peningkatkan kandungan air didalam tanah untuk menjaga kesinambungan ketersediaan air guna mengurangi erosi dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
    Menurut saya, tumbuhan sangat berpengaruh terhadap awetnya kandungan air dalam tanah. sehingga tumbuhan berperan penting untuk meningkatkan kandungan air yang ada dalam tanah tersebut. Namun, tidak semua jenis tumbuhan mampu membantu secara optimal terhadap konservasi air tanah.
    Sebagian jenis tumbuhan memiliki sistem perakaran yang dapat memperbesar porositas air tanah dan juga memiliki daun yang tidak begitu besar/lebar sehingga transpirasi yang terjadi pada tumbuhan tersebut hanya sedikit. Sesuai dengan hal tersebut, kandungan air dalam tanah menjadi stabil sehingga dapat mengurangi erosi tanah dan dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. saya juga setuju dengan apa yang dikatakan hendy, bahwa penggunaan tanaman penutup tanah (mulsa) juga dapat lebih mengoptimalkan konservasi air tanah karena mengurangi evaporasi pada tanah.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan kota Malang, saya akan mengoptimalkan konservasi air tanah dengan cara :
    1.Memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya tananam terhadap konservasi air tanah.
    2.Memberikan contoh kepada masyarakat tentang jenis tanaman apa saja yang dapat mengoptimalkan konservasi tersebut. Contohnya: Casuarina equisetifolia (cemara laut), Ficus elastica (fikus), Hevea brasiliensis (karet), dll. (seperti yang disebutkan Susan aminah).
    3.Memberikan penjelasan pada masyarakat bahwa penggunaan mulsa (tanaman penutup tanah) juga penting untuk mengurangi evaporasi. Contohnya: Brachiaria decumbens, Eupatorium triplinerve, Ageratum mexicanum, dll.

    maaf pak, yang awal saya hapus soalnya setelah saya baca lagi kalimatnya ribet. semoga yang kedua ini lebih bisa dimengerti. :)

    BalasHapus
  16. • Memang sangat jelas dan sudah tak dipungkiri lagi bahwa hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah sudah tak dapat dipisahkan,ini merupakan suatu cara untuk menjaga dan melestarikan lingkungan melalui pemeliharaan tumbuhan yang dapat menghasilkan upaya pencegahan kerusakan tanah oleh erosi dan perbaikan tanah yang rusak oleh erosi.
    • sedangkan Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan sistem perakaran pada sebuah tumbuhan yang mampu melakukan evapotranspirasi, juga membantu mencegah terjadinya erosi pada lingkungan tersebut.
    • Mengingat bahwa malang merupakan pusat pariwisata di pulau jawa dan hususnya di jawa timur, tugas kita bukan hanya dengan melakukan penghijauan,reboisasi,atau yang sering dipromosikan tanam 1000 pohon,dll. Melainkan kita juga menjaga sebaik-baiknya hasil penanaman yang telah dilakukan (pemeliharaan lebih lanjut)mengingat pengalaman kemarin dalam acr bakti sosial dan penanaman pohon. Pohon yang telah di tanam banyak yang mati dikarenakan tidak adanya pemeliharaan lebih lanjut.

    BalasHapus
  17. pada dasarnya inti semua dari jawaban teman-teman adalah sama. peran serta tumbuhan memang sangat penting dalam kehidupan semua makhluk di bumi. salah satunya adalah konservasi air tanah, karena tumbuhan merupakan faktor yang penting dalam penyerapan air dalam tanah. tumbuhan juga sebagai tempat untuk menyimpan kelebihan air yang berasal dari permukaan tanah. itu lah sebabnya tumbuhan dapat mengurangi erosi tanah, dan mengakibatkan beberapa dampak buruk terhadap lingkungan. misalnya saja tanah longsor. terkait dengan kebijakan, saya setuju dengan nona diyan yang memulainya dari diri sendiri. setlah itu baru kita menghimbau masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  18. Konversasi tanah dan air adalah penempatan sebidang tanah pada cara penggunaan air yang jatuh ke tanah agar seevisien mungkin sehingga tidak akan terjadi banjir pada saat musim hujan dan terdapat air pada saat musim kemarau.
    Air yang menimpa tanah tanah yang terbuka akan menyebabkan tanah terdispersi dan sebagian dari air hujan yang jatuh tersebut akan mengalir di atas permukaan tanah. Tumbuhan-tumbuhan yang hidup di atas permukaan tanah dapat memperbaiki kemampuan tanah menyerap air dan memperkecil kekuatan perusak butir-butir hujan yang jatuh,dan daya dispersi dan angkut aliran air atas permukaan tanah sehingga dapat dapat meminimalisir konservasi air didalam tanah agar tidak terjadi erosi tanah dan dampak yang negatif.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan dimalang,yang saya lakukan adalah,saya melakukan pergerakan tanam pohon setiap satu bulan sekali dan itu wajib dilakukan disemua tempat baik di daerah yang pedalaman atau daerah perkotaan agar kota malang menjadi kota yang sejuk,dan juga wajib membuang sampah pada tempatnya karena percuma kalau sejuk tetapi banyak sampah yang berserakan.

    BalasHapus
  19. Saya sudah setuju dengan pendapat teman2 kalau tumbuhan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan konservasi air tanah karena seperti yang dikatakan teman-teman tumbuhan itu sendiri memiliki kemampuan dalam menyerap air sehingga air hujan yang turun tidak langsung menyebar keselokan/kesungai yang mana apabila jumlahnya sangat banyak dapat menyebabkan banjir. Selain itu saya juga berpendapat bahwa akar akar tumbuhan dan pohon dapat menahan air hujan supaya air hujan tersebut dapat meresap kedalam tanah melalui pori-pori pada tanah, tersimpan menjadi air tanah sehingga fluktuasi muka air tanah pada waktu musim hujan dan kemarau tidak terlalu tajam, saya juga menambahkan mekanisme dari terbentuknya air tanah yaitu dimulai pada saat hujan turun membasai tanah yang mana pada kondisi tanah yang banyak porinya air hujan akan segera meresap kedalam tanah, namun pada tanah yang sedikit porinya maka air hujan akan lebih lama meresap kedalam tanahnya, sehingga butuh adanya tumbuh-tumbuhan dan pohon yang dapat menahan air yang belum terserap oleh tanah tersebut agar tidak hilang karena ditahan oleh akar-akar pohon, kemudian air hujan tersebut lama kelamaan akan meresap kedalam tanah sebagai air infiltrasi, air tersebut semakin lama akan meresap lebih dalam lagi sampai memasuki daerah akuifer dan akhirnya menjadi air tanah. Dan apabila saya menjadi penentu kebijakan dikota malang, langkah pertama, saya akan melakukan seperti yang dilakukan oleh dika yaitu memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya tanaman bagi konservasi air tanah supaya masyarakat mengetahui dan turut mendukung dalam program yang akan saya realisasikan, setelah itu barulah menjalankan program yang sudah direncanakan seperti mengadakan reboisasi pada hutan gundul, menanam pohon-pohon pada daerah yang rawan longsor dan daerah pegunungan, serta menjadikan daerah yang permukaan tanahnya miring sebagai sawah sengkedan, dan menciptakan teknologi konservasi air tanah, seperti membuat sumur resapan.

    BalasHapus
  20. tumbuhan ,seperti mahluk hidup lainnya tentu mengalami peroses tumbuh,berkembang,dan yang lebiah penting lagi dia mempunyai peran dalam kehidupan.salah satu perananya yaitu, dijadikan bahan strategi untuk mencegah erosi yang berlebiahn atau di areal dimana permukaan air tanah yang dangkal yang mana strategi itu biasa kita sebut"konservasi air tanah".jadi tubuhan dan konservasi air tanah sangat erat hubungannya.
    dan mikanismenya pada saat kita menanam tubuhan yang mana tumbuhan tersebut memiliki akar yang dapt menyrap air,menahan tanah dari erosi dan kadar air yang ada tanah tetap terjaga.

    dan temen22 ditas sudah menelorkan idenya masing2 . dan kalaw seandainya saya jadi penentu kebijakn d kota malng
    1 memberikan sosilisasi pada pemerinta malang betapa penting nya tuk masadepan
    2 mengadakan penanam seribu jenis pohon
    3" green doktrin " pada seluruh lapisan msyarakt

    dan yang lebih penting lagi kita harus memilih tanaman seperti apa yang cocok untuk kita tabur di setip bojok kota malng .

    satu lagi.ini kan diskusi, paling tidak harus memiliki pendapat yang berbeda biar ga bilang setuju semua...ok

    BalasHapus
  21. saya sangat" setuju dengan pendapat teman" semuanya yang mengatakan bahwa tumbuhan menjadi serapan atau penyerap air dalam tanah, jika tumbuhan semakin di pangkas akibat" yang akan timbul sangatlah banyak seperti, tanah longsor,banjir dan bencana alam lainya.selai itu kalau tidak ada tanaman pepohonan dan lain-lain tanah tidak mempunyai kandungan air dalam tanah akibat yang di dapat adalah jika kemarau datang tanah sudah tidak memiliki cadangan air sehingga akan terjadi kekeringan.
    Terkait dengan kebijakan sebaiknya kita beri contoh yang baik terlebih dahulu kepada masyarakat seperti yang di katakan embk dian dan dista, bisa dimulai dari diri sendiri atau hal yang terkecil terlebih dahilu, setelah itu baru kita beri penyuluhan kepada masyarakat akan akan pentingnya tanaman bagi kehidupan dalam berbagai aspek kehidupan.
    Setelah itu mari kita menanam pohon bersama” bukan hanya 1000 pohon melainkan sebanyak” banyaknya dan menjaga, merawat serta memelihara tanaman tersebut bersama” pula.
    Dan membuat sangsi yang tegas terkait penebangan tumbuhan atau pohon yang tanpa alasan yang jelas, dengan sangsi” tersebut masiarakat akan terbiasa melestarikan tumbuhan dan menjaganya.
    Hal tersebut demi keselamatan bersama”....
    sehingga tercipta malang yang indah, malang yang tidak akan kekeringan dan malang yang terhindar dari bencana alam

    BalasHapus
  22. Dalam arti yang sempit konservasi tanah diartikan sebagai upaya mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi. salah satu cara yg dapat digunakan yakni dengan melakukan penanaman tumbuhan tertentu yang dapat mencegah atau memperbaiki tanah yang rusak akibat erosi. ada banyak metode konservasi tanah, tapi konservasi tanah yang berkaitan dengan peranan tumbuhan disebut dengan metode vegetatif.
    Metode vegetatif adalah suatu cara pengelolaan lahan miring dengan menggunakan tanaman sebagai sarana konservasi tanah (Seloliman, 1997). Tanaman penutup tanah ini selain untuk mencegah atau mengendalikan bahaya erosi juga dapat berfungsi memperbaiki struktur tanah, menambahkan bahan organik tanah, mencegah proses pencucian unsur hara dan mengurangi fluktuasi temperatur tanah.
    Metode vegetatif untuk konservasi tanah dan air termasuk antara lain: penanaman penutup lahan (cover crop) berfungsi untuk menahan air hujan agar tidak langsung mengenai permukaan tanah, menambah kesuburan tanah (sebagai pupuk hijau), mengurangi pengikisan tanah oleh air dan mempertahankan tingkat produktivitas tanah (Seloliman, 1997).
    Penanaman rumput kegunaannya hampir sama dengan penutup tanah, tetapi mempunyai manfaat lain, yakni sebagai pakan ternak dan penguat terras. Cara penanamannya dapat secara rapat, barisan maupun menurut kontur.
    Penggunaan sisa tanaman untuk konservasi tanah dapat berbentuk mulsa atau pupuk hijau. Dengan mulsa maka daun atau batang tumbuhan disebarkan di atas permukaan tanah, sedangkan dengan pupuk hijau maka sisa-sisa tanaman tersebut dibenamkan ke dalam tanah (Arsyad, 1989).
    Syarat-syarat dari tanaman penutup tanah, antara lain:
    1. Dapat berkembang dan daunnya banyak.
    2. Tahan terhadap pangkasan.
    3. Mudah diperbanyak dengan menggunakan biji.
    4. Mampu menekan tanaman pengganggu.
    5. Akarnya dapat mengikat tanah, bukan merupakan saingan tanaman pokok.
    6. Tahan terhadap penyakit dan kekeringan.
    7. Tidak berduri dan bersulur yang membelit.
    Selain dengan penanaman tanaman penutup tanah (cover crop), cara vegetatif lainnya adalah:
    1. Tanaman dengan lajur berselang-seling, pada kelerengan 6 – 10 % dengan tujuan:
    • Membagi lereng agar menjadi lebih pendek.
    • Dapat menghambat atau mengurangi laju aliran permukaan.
    • Menahan partikel-partikel tanah yang terbawa oleh aliran permukaan.
    Tipe-tipe tanaman lajur berseling adalah:
    • Countur strip cropping, adalah penanaman berselang berdasarkan garis kontur.
    • Field strip cropping, digunakan untuk kelerengan yang tidak bergelombang dengan jalur dapat melewati garis kontur, tetapi tanaman tidak melewati garis kontur.
    • Wind strip cropping, digunakan pada lahan yang datar atau kelerengan yang tidak tajam dengan jalur tanaman tegak lurus arah angin, sehingga kadang-kadang arah alur searah dengan kelerengan.
    • Buffer strip cropping, adalah lajur tanaman yang diselingi dengan lajur rumput atau legume sebagai penyangga.
    2. Menanam secara kontur (Countur planting), dilakukan pada kelerengan 15 – 18 % dengan tujuan untuk memperbesar kesempatan meresapnya air sehingga run off berkurang.
    3. Pergiliran tanaman (crop rotation).
    4. Reboisasi atau penghijauan.
    5. Penanaman saluran pembuang dengan rumput dengan tujuan untuk melindungi saluran pembuang agar tidak rusak.

    dan jika saya sebagai penentu kebijakan akan adanya konservasi dikota Malang, saya setuju dengan hendi. jd tidak hanya melakukan penghijauan atau reboisasi saja melainkan juga menetapkan lahan khusus atau lahan tersendiri untuk pertanian misalnya. karena berperan penting dalam sektor ekonomi untuk meningkatkan produktivitas pangan dan kesejahteraan hidup masyarakat sekitar Malang yang tentunya dengan perawatan dan pengaturan lahan agar menjadi lahan yg benar-benar memiliki daya guna.

    BalasHapus
  23. Saya sependapat dengan teman-teman lainnya. Tetapi sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sich pengertian konservasi itu? Konservasi merupakan suatu upaya pelestarian, perlindungan, ataupun pencegahan terhadap kerusakan lingkungan sekitar. Sedangkan konservasi air tanah merupakan suatu strategi pencegahan kerusakan tanah oleh erosi. Konservasi tanah mempunyai hubungan yang sangat2 erat dengan tumbuhan. Mengapa demikian? Begini penjelasan mekanismenya, tumbuhan mempunyai akar, dimana tumbuhan tersebut menggunakan sistem perakarannya untuk melakukan proses evapotranspirasi yang terjadi di dalam tanah dan dapat memmbantu meminimalisir kebutuhan air yang akan diserap oleh tanah pada tunbuhan tersebut sehingga mencegah terjadinya erosi atau degradasi tanah.
    Dan jika saya diberi kesempatan menjadi penentu kebijakan di kota malang, yang akan saya lakukan adalah, memberikan sosialisasi terhadap masyarakat, melakukan penghijaun (penanaman 1 pohon 1 jiwa) dan melakukan patroli tanaman tepi jalan dan bekerja sama dengan pihak2 terkait seperti organisasi cinta alam atau lingkungan, dinas lingkungan hidup ataupun dinas kehutanan.
    Tetapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan untuk Saudara Ilmin dan Saudari Susantika, kalian berdua sama2 mengatakan bahwa “konservasi tanah itu penyesuaian macam pengunaan dengan kemampuan tanah yang memberikan perlakuan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan , agar tanah dapat berfungsi secara maksimal”. Yang ingin saya tanyakan disini yaitu, penyesuaian macam penggunaan dengan kemampuan itu maksudnya apa dan seperti apa??? dan pertanyaan saya yang kedua yaitu, syarat2 yang bagaimana yang anda maksud? Tolong diperjelas dan dikaji ulang yaaaa… 
    By: A'yun

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. saya sependapat dengan temen-temen semua, karena konservasi tanah merupakan proses pencegahan erosi tanah dari kekeringan, dan konseravsi air tanah merupakan dimana proses meresapnya air kedalam tanah, jadi dalam konservasi tanah ini kita sudah dapat membantu terjasinya kerusakan erosi pada bumi kita, jadi dalam membantu mengatasi ini kita sebaiknya membantu dalam mengatasi penanaman tumbuhan yang bermanfaat dalam memanfaatkan lahan kosong, jadi kita juga membantu dalam mengatasi terjadinya global warming, karena dalam penanaman pohon ini kita sudah membantu dalam proses penghijauan. dan strategi yang dipakai dalam konservasi ini adalah untu :
    pemilihan vegetasi penutup lahan
    pencegahan erosi
    pengaturan kadar garam
    pengendalian keasaman
    meningkatkan kelestarian organisme tanah yang menguntungkan
    pencegahan dan remediasi tanah dari kontaminasi

    BalasHapus
  26. saya sependapat dengan semuanya, tetapi saya ingin menambahkan bahwa Air merupakan bagian terbesar pembentuk jaringan dari semua makhluk hidup (tak terkecuali tumbuhan). Antara 40% sampai 60% dari berat segar pohon terdiri dari air, dan bagi tumbuhan jumlahnya mungkin akan mencapai 90%. Cairan yang mengisi sel akan mampu menjaga substansi itu untuk berada dalam keadaan yang tepat untuk berfungsi metabolisma.
    Tumbuhan memerlukan air untuk penunjang jaringan-jaringan yang tidak berkayu. Apabila sel-sel jaringan ini mempunyai cukup air maka sel-sel ini akan berada dalam keadaan kukuh. Tekanan yang diciptakan oleh kehadiran air dalam sel disebut tekanan turgor dan sel akan menjadi mengembang, dan apabila jumlah air tidak memadai maka tekanan turgor berkurang dan isi sel akan mengerut dan terjadilah plasmolisis.
    Tumbuhan memanfaatkan air sebagai alat untuk mengangkut materi disekitar tubuhnya. Nutrisi masuk melalaui akar dan bergerak ke bagian tumbuhan lainnya sebagai substansi yang terlarut dalam air. Demikian juga karbohidrat yang dibentuk di daun diangkut ke jaringan-jaringan lainnya yang tidak berfotosintesis dengan cara yang sama.
    Tumbuhan umumnya menyerap/ mengisap air tanah oleh sistem akarnya, meskipun pada brebeapa tumbuhan sederhana seperti lumut kerak dan lumut daun mampu menyerap air dari sekitarnya secara langsung. Air memasuki akar melalui bulu-bulu akar yang sangat halus yang berada seitar 6 mm setelah tudung akar. Sistem bulu akar ini memperluas permukaan aktif yang mampu menyerap air, dan secara terus menerus diperbaharui sesuai dengan pertumbuhan akar menembus tanah.
    nah dari itu semua kita bisa ambil kesimpulan bahwa 1 pohon dapat menyerap air hujan dan mencegah timbulnya banjir yang di peroleh atau di dapat dari peristiwa hujan sendiri, semakin banyak pohon maka semakin terjagalah keseimbangan alam
    Di lingkungan daratan dengan situasi kelebihan air maka tanah menjadi jenuh air, permasalahan utama pada situasi seperti ini adalah tidak adanya udara dalam tanah sehingga perakaran tumbuhan tidak bisa bernafas dan juga tanah sering menjadi asam. Jika jumlah air tidak memadai untuk keperluan tumbuhan maka sel menjadi lembek, dan stomata menutup untuk mengurangi kehilangan air berkelanjutan. Kondisi air tanah seperti ini dikenal dengan titik kelayuan, dan sel-sel tumbuhan mulai untuk terjadinya plasmolisis yang biasanya berjalan berkepanjangan. Dan apabila situasi kekurangan air ini menerus maka tumbuhan akan mati. Umumnya tumbuhan yang berada di daerah kering ini berada dalam keadaan setengah dehidrasi pada siang hari yang diimbangi dengan penyimpanan dalam keseimbangan airnya pada malam hari.
    Bila kita lihat kelebihan air dikarenakan kurangnya oksigen dalam tanah yang berada di sekitar tumbuhan, maka secara otomatis tumbuhan tersebut dilihat hanya 1 tumbuhan jika tumbuhan terdapat 2-lebih maka penyerapan air dapat teratasi dengan cepat dikarenakan terdapat oksigen dalam tanah (Renggangnya tanah akibat perakaran dari berbagai tumbuhan) hal ini juga yang mengakibatkan air dalam tanah jernih di pegunungan yang banyak dengan tumbuhan (seperti hutan)
    Dan jika saya sebagai penetu kebijakan di kota malang maka hindarilah dengan penggunaan paving, aspal dll, yang dapat menghambat penyerapan air ke tanah dan sebagai gantinya tumbuhi dengan tanaman selain juga menyelamatkan keseimbangan alam juga memperindah lingkungan yang berada di sekitar kita.

    BalasHapus
  27. Saya stuju dengan penadapt teman teman smua bahwa konservasi air tanah itu sangat penting, bagimana manfaatnya, perananya maupun fungsinya yang sudah dijelaskan oleh beberapa teman2.
    Nmun….. saya sedikit bertanya dalam pernyataan yang di keluarkan Oleh #Dhykka Blog# dan cucan #cucan soejarwo# bahwa Jenis tanaman yang sesuai untuk konsrvasi tanah di KOTAKU MALANG di antaranya cemara laut (Casuarina equisetifolia), Ficus elastica, karet (Hevea brasiliensis), manggis (Garcinia mangostana), bungur (Lagerstroemia speciosa), Fragraea fragrans, dan kelapa (Cocos nucifera).
    1. Apakah tnaman diatas yang akan kalian tanam di kota malang sebagai tanaman konservasi tanah udah sesuai dan cocok dengan letak geografis dan dermografi Kota Malang, diamana Malang Terletak pada ketinggian antara 429 - 667 meter diatas permukaan air laut. 112,06° - 112,07° Bujur Timur dan 7,06° - 8,02° Lintang Selatan, Kondisi iklim Kota Malang selama tahun 2006 tercatat rata-rata suhu udara berkisar antara 22,2 °C - 24,5 °C. Sedangkan suhu maksimum mencapai 32,3 °C dan suhu minimum 17,8 °C . Rata kelembaban udara berkisar 74% - 82%. dengan kelembaban maksimum 97% dan minimum mencapai 37% ????????? jelaskan Kajianya……….!!!!
    2. Dengan Keadaan tanah di wilayah Kota Malang diantaranya :
    • Bagian selatan merupakan dataran tinggi yang cukup luas, cocok untuk industri
    • Bagian utara merupakan dataran tinggi yang subur, cocok untuk pertanian
    • Bagian timur merupakan dataran tinggi dengan keadaan kurang kurang subur
    • Bagian barat merupakan dataran tinggi yang amat luas menjadi daerah pendidikan
    Bagaimana cara dan penemapatan anda (sebagai pemerintah terkait) akan menanam tanaman tersebeut, dengan kondisis geologi malang tersaebut??????

    BalasHapus
  28. Saya setuju dengan pendapatnya teman2 semua,,namun saya juga akan sedikit mengulas hubungan tumbuhan dengan konservasi tanah. Kita semau sudah tau bahwa tumbuhan tersebut mempunyai peran yang sangat penting dalam kelangsungan semua makhluk hidup yang ada di bumi. Tanpa tumbuhan ini kehidupan tidak akan seimbang, namun kita harus tau terlebih dahulu pengertian dari konservasi tanah itu sendiri. Konservasi tanah adalah penempatan tiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah. Pemakaian istilah konservasi tanah sering diikuti dengan istilah konservasi air. Meskipun keduanya berbeda tetapi saling terkait. Ketika mempelajari masalah konservasi sering menggunakan kedua sudut pandang ilmu konservasi tanah dan konservasi air. Mekanisme hubungan tumbuhan dengan konservasi tanah dan air sangatlah erat karena tumbuhan membutuhkan tanah untuk hidup dan membutuhkan air untuk melakukan fotositesis, dan tumbuhan mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa tetap mempertahankan kesuburan tanah dan membantu penyerapan air ke dalam tanah, dan tumbuhan menggunakan system perakarannya dalam melakukuan evapotranpisari untuk mencegah terjadinya Degradasi Tanah, seperti tanah longsor, pencemaran tanah dah kerusakan tanah, dll.
    jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang :
    1. melakukan penyuluhan terhadap masyarakat pentingnya konservasi tanah bagi kelangsungan kehidupan.
    2. Melakukan reboisasi pada lahan gundul
    3. Menjaga kelestarian hutan
    4. bertindak tegas terhadap orang yang kerang bertanggung jawab (penebangan liar)

    BalasHapus
  29. sya setuju dengan pedapat teman-teman bahwa tumbuhan sangat peting terkait respirasi air,dimaa Dalam arti yang sempit konservasi tanah diartikan sebagai upaya mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi,jadi tubuhan dan konservasi air tanah sangat erat hubungannya.
    dan mikanismenya pada saat kita menanam tubuhan yang mana tumbuhan tersebut memiliki akar yang dapt menyrap air,menahan tanah dari erosi dan kadar air yang ada tanah tetap terjaga.
    jika saya menjadi penentu kebijaka kelangsugan hiduip maka saya akan hindarilah dengan penggunaan paving, aspal dll, yang dapat menghambat penyerapan air ke tanah, .Memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya tananam terhadap konservasi air tanah.
    2.Memberikan contoh kepada masyarakat tentang jenis tanaman apa saja yang dapat mengoptimalkan konservasi tersebut.

    BalasHapus
  30. komentar saya tentang permasalahan di atas,
    tumbuhan memang sangat mempunyai peran aktif bagi khidupan kita sehari2, mengapa demikian? karen tumbuan mampu menyuplai kebutuhan oksigen dalam jumlah yang sangat luar biasa dan menjadi produsen utama dalam rantai makanan.
    konservasi tanah dan air juga mempunyai peran utama dalam tumbuhan, karena apabila tidak di sesuaikan dengan keadaan tanah yang akan di tanami tumbuhan, maka dampaknya negatif. kerna jika tdk d prhatikan maka akn menyebabkan erosi tumbuhan, longsor, pencemaran tanah, gagalnya bercocok tanam dan lain2. sehingga tumbuhan dan konservasi air tanah saling membutuhkan.
    dan jika saya menjadi penentu kebijakan kta malang maka sya akan melakukuan:
    1. menyediakan anggaran untuk memberikan bibit tanaman kepada setiap kepala desa.
    2. melakukan sosialisasi dalam rangka memberi pembekalan kepada msyarakat supay tau dampak ngatif dan positifnya jika kita tdk mlkukan penghijauan.
    3. melakukan pengawan di setiap daerah utuk mencegah orang2 yg tak bertanggung jawab, supaya tdak terjadi erosi.
    demikian komentar saya tentang prmasalahan d atas. trims.

    BalasHapus
  31. Sedikit membahkan dan menyimpulkan jawaban dari teman-teman. Menurut sepengetahuan saya, konservasi air tanah merupakan suatu strategi pencegahan erosi yang terjadi pada tanah guna mempertahankan kandungan air dalam tanah. akibat penggunaan yang berlebihan, salinisasi, pengasaman, hilangnya vegetasi pada tanah, dan sebagainya. Dilihat dari penjelasan diatas, diketahui tumbuhan memang memiliki hubungan erat dengan konservasi air tanah, karena tumbuhan dapat mencegah terjadinya erosi tanah yang dapat menyebabkan ketidak seimbangan air tanah.
    Untuk penjelasan mekanismenya, seperti yang kita ketahui erosi adalah pengikisan lapisan tanah yang menyebabkan berkurangnya kemampuan tanah dalam menyerap air. Tumbuhan dengan system perakarannya dapat menghalangi terjadinya pengikisan lapisan tanah oleh air dengan cara membantu menyerap air ke dalam tanah. Sehingga kandungan air tanah tetap terjaga.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan di kota Malang, hal-hal yang akan saya lakukan berkaitan dengan konservasi air tanah tersebut yaitu.
    1.Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melakukan konservasi air tanah.
    Melakukan penghijauan di pinggir jalan raya, penanaman tumbuhan pada lahan-lahan yang gundul bersama masyarakat, dan memperbanyak daerah penyerapan air hujan pada tempat-tempat tertentu.
    2.Penguatan kelembagaan penyuluhan
    Bergabung dengan beberapa lembanga penyulusan konservasi seperti penyuluhan pertanian, perkebunan, dinas lingkuangan hidup, dan lain-lain. Dengan harapan dapat lebih memperkuat kelembagaan penyuluhan konservasi air tanah ini. Salah satu hal yang perlu diupayakan adalah pengadaan tenaga penyuluh konservasi air tanah lapangan yang terlatih dan dibekali pengetahuan dan teknologi konservasi yang memadai.
    3.Penegakan Hukum
    Memberikan sanksi yang tegas bagi orang-orang yang melakukan penebangan liar dan pihak-pihak yang melanggar aturan.
    4.Advokasi Penanggung Jawab
    Konservasi Perlu dilakukan advokasi intensif kepada masyarakat Malang untuk menjelaskan bahwa penyelenggaraan konservasi air tanah dan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Malang.

    BalasHapus
  32. Seperti halnya apa yang dikatakan saudara- saudari diatas,, saya setuju atas pernyataan yang mengatakan bahwa kaitan antara tanaman dengan konservasi tanah itu sangat berkaitan dmana tanaman disini berperan sebagai pengontrol dari kelebihan air yang ada di muka bumi.. bahwa dengan adanya tanaman, kadar air yang berlebihan dapat diserap oleh tanaman sehingga tidak terjadi erosi...
    Jika saya mendapat kesempatan menjadi penentu kebijakan di kota Malang ini,, hal pertama yang ingin saya lakukan yaitu dengan memulai dari diri sendiri dengan membudayakan hidup cinta lingkungan,,, kemudian membersihkan para penebang hutan yang semena-mena.. Sebetulnya penebangan hutan boleh tetap dilakukan tetapi dengan jalan menebang pepohonan yang cukup tua dan kemudian menggantinya dengan menanam pohon baru..
    Tapi ada sesuatu yang ingin saya tanyakan,, bagaimana cara kita untuk memperbaiki suatu daerah dengan intensitas air yang terlalu banyak seperti misalnya pada daerah rawa???
    Bagaimana cara kita menanam pohon pada daerah tersebut???

    BalasHapus
  33. Pendapat saya mengenai pernyataan diatas adalah......
    Konservasi tanah merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak karena terjadinya erosi.
    Dan konservasi air pada prinsipnya merupakan penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin, dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang dapat merusak suatu ekosistem serta dapat tersedia cukup air pada waktu musim kemarau. Jadi keduanya tidak dapat dipisahkan.
    Berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa mekanisme dari hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah yaitu adanya peran serta akar tumbuhan melalui proses evavotranspirasi yang dapat meminimalisir konservasi air didalam tanah agar tidak terjadi erosi tanah dan dampak negatif yg lainnya. Selain itu tumbuhan juga memiliki akar yang salah satu fungsinya adalah untuk membantu penyerapan air kedalam tanah sehingga apabila ada hujan lebat, tidak akan terjadi erosi maupun degradasi pada tanah.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang ini, saya akan mencoba untuk menerapkan beberapa kebijakan, seperti:
    1. Memberikan penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya konservasi air tanah bagi kelangsungan kehidupan organisme.
    2. Melakukan seleksi terhadap beberapa tanaman yang dapat secara optimal membantu konservasi air tanah.
    3. Melakukan penanaman pohon di daerah-daerah rawan erosi serta melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya, guna meningkatakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup
    4. Meningkatkan kerja sama dari berbagai pihak untuk menjaga kelestarian hutan.

    BalasHapus
  34. terima ksih atas respon dari mb' Dina terhadap pendapat saya,.,
    dalam hal ini air hujan di dalam tanah tidak hanya digunakan untuk pertanian saja tetapi air hujan didalam tanah berfungsi untuk Mengurangi ancaman terjadinya banjir karena dengan menanam air berarti mengurangi volume air yang mengalir di permukaan tanah yang berpotensi menyebabkan bencana banjir.
    kegunaan yang lain yaitu untuk Mengurangi laju penurunan tanah. Dengan ketersediaan air tanah yang melimpah akan mencegah masuknya air laut yang menyebabkan keroposnya struktur tanah.
    pengaturan irigasi yang saya maksud yaitu pada waktu musim penghujan tiba maka intensitas air hujan melimpah jdi sebaiknya dibangun suatu waduk yang berfungsi sebagai wadah dari air hujan tersebut selain itu berfungsi untuk mengurangi dampak teradi bajir,, sedangkan pada saat musim kemarau dapat dipastikan ketersidian air menipis,,., oleh sebab itu waduk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai irigasi bagi petani maupun madyarakat luas untuk keperluan selama musim kemarau berlangsung tetapi harus didukung oleh sanitasi yang naik dan bersih.

    BalasHapus
  35. Sperti halnya teman-teman lainya konservasi sangat penting bagi kelanjutan air dan tanah di bumi ini,intinya sperti itu,
    Disisni saya ingin mambantu saudara ilmin dan susantika yang dinyatakan oleh saudari a’yun… …, bahwa yang dimaksud dengan” konservasi tanah itu penyesuaian macam pengunaan dengan kemampuan tanah yang memberikan perlakuan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan , agar tanah dapat berfungsi secara maksimal”. Disini yang dimaksud oleh saudara ilmin bahwa konservasi tanah itu dilakukan dengan penempatan di suatu titik bidang atau daerah dimana penggunaan tanah sendiri di kondisikan dengan lingkungan asal mula tanah itu berada, berarti tanah tersebut bisa ditempatkan sesuai dengan tempat asalnya supaya tidak rusak atau mengurangi fungsi dari tanah itu sendiri

    BalasHapus
  36. saya menanggapi pertanyaan dari mas ilham, dilihat dari keadaan daerah kota malang yang terbentang dari ujung paling selatan (pantai selatan) sampai dengan timur, barat dan utara, saya berpendapat bahwa semua jenis-jenis pohon yang telah saya sebutkan tadi cocok-cocok saja untuk ditanam diberbagai sudut kota maupun kabupaten malang.
    Untuk penempatannya, saya akan menanam :
    1. Cemara laut disemua sudut kota malang dan yang paling utama disepanjang pantai selatan karena pohon ini cocok untuk daerah yang memiliki Ketinggian 0-1500 mdpl, curah hujan rata-rata 350-5000 mm, suhu rata-rata 15-30, dengan tanah ringan, berpasir, toleran terhadap tanah bergaram dan angin bergaram. (sumber: http://bpthbalinusra.net/isbseedleaflet/90-cemara-laut-casuarina-equisetifolia-l.html)
    2. bungur (Lagerstroemia speciosa), cocok di daerah timur dan selatan yang memiliki jenis tanah yang kurang subur. (Sumber: http://bpthbalinusra.net/isbseedleaflet/203-bungur.html)
    3. Fragraea fragrans, cocok didaerah yang memiliki kelembaban tinggi yaitu dikawasan malang bagian barat. (Sumber: http://www.worldagroforestrycentre.org/sea/products/afdbases/af/asp/SpeciesInfo.asp?SpID=18199)
    4. kelapa (Cocos nucifera), cocok diseluruh daerah kota maupun kabupaten Malang, kecuali Malang bagian barat yang termasuk kawasan pendidikan. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa)

    BalasHapus
  37. saya sependapat dengan pernyataan teman-teman diatas mengenai konservasi air dan tanah sangat erat hubungannya...Menurut Sitanala Arsyad (1989), konservasi tanah adalah penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut
    dan memperlakukkannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperluka agar tidak
    terjadi kerusakan tanah. Konservasi tanah mempunyai hubungan yang erat dengan
    konservasi air. Dan dengan adanya tumbuhan maka air yang berlebihan akan diserap kedalam tansh sehingga tidak terjadi banjir ataupun erosi yang akan merusak suatu ekosistem atau pupulasi.

    BalasHapus
  38. Memang sudah jelas bahwa konservasi tanah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan konservasi air. Setiap perlakuan yang diberikan pada sebidang tanah akan mempengaruhi tata air pada tempat itu dan tempat-tempat di hilirnya. Oleh karena itu konservasi tanah dan konservasi air merupakan dua hal yang berhubungan erat sekali. Konservasi tanah itu sendiri dalam arti luas adalah penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah. Sedangkan konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang merusak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau. Dan jika saya menjadi penentu kebijakan di kota malang, saya akan menghimbau masyarakat kota malang agar melakukan penanaman pohon baik di perkotaan ataupun di pedesaan terutama di daerah-daerah yang rawan longsor dan banjir serta melakukan reboisasi pada lahan yang gundul,agar kota malang terhindar dari banjir dan tanah longsor serta menjadikan kota tersebut menjadi indah,sejuk dan bersih.

    BalasHapus
  39. saya sependapat dengan teman2 bahwa konservasi tanah dan air sangat berhubungan dan berpengaruh,dimana tindakan dari konsservasi tanah juga merupakan tundakan dari koservasi air.
    seandainya saya jadi penentu kota malang,saya akan memberikan penyuluhan dan memprogamkan menanam pohon dan juga memeberikan penjelasan tentang pentingx dan eratx hubungan konservasi air dan tanah,sehingga masyarakat bisa mengerti dan juga bisa ikut menjaga dan memperbaiki lingkungan

    BalasHapus
  40. Pendapat teman2 intinya semuanya benar, Saya hanya menambahi pendapat yang sebelumnya telah saya kemukakan. Bahwa pada dasarnya hubungan tumbuhan dengan konservasi air tanah berkaitan erat dengan adanya proses evapotranspirasi. Dimana evapotranspirasi yang terjadi pada tumbuhan merupakan salah satu komponen utama dalam siklus hidrologi dengan kaitannya pada perhitungan ketersediaan air pada tanah. Lha siklus hidrologi dengan kaitannya pada perhitungan air tanah ini merupakan berkaitan erat dengan konservasi air tanah. Jadi tumbuhan mempunyai hubungan yang sangat erat kaitannya dengan konservasi air tanah.

    BalasHapus
  41. saya sependapat juga sama teman2,, dimana bahwa tumbuhan mempunyai hubungan yang erat kaitannya dengan konservasi tanah dan konservasi air,, dimana Konservasi tanah adalah serangkaian strategi pengaturan untuk mencegah erosi tanah dari permukaan bumi atau terjadi perubahan secara kimiawi atau biologi akibat penggunaan yang berlebihan, salinisasi, pengasaman, atau akibat kontaminasi lainnya. tumbuhan dalam hal ini dapat berperan dalam membantu mencegah erosi. Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin, dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang merusak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau.
    dalam hal ini tumbuhan dapat berperan dalam resapan air kedalam tanah (menyimpan air di dalam tanah).
    apabila saya menjadi penentu kebijakan di kota malang, maka tindakan yang akan saya lakukan adalah dengan menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi), pada tempat yang ramai akan kendaraan juga harus ditanam jumlah tumbuhan yang sesuai agar dapat menyerap karbondioksida dengan baik, kemudian akan memberi sanksi yang tegas pada para penebang liar,,

    BalasHapus
  42. saya sependapat dengan teman - teman bahwa Konservasi tanah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan konservasi air. Setiap perlakuan yang diberikan pada sebidang tanah akan mempengaruhi tata air pada tempat itu dan tempat-tempat di hilirnya. Oleh karena itu konservasi tanah dan konservasi air merupakan dua hal yang berhuibungan erat sekali; berbagai tindakankonservasi tanah adalah juga tindakan konservasi air.maka dari itu jika saya jadi penentu di kota malang , yang pertama saya akan melakukan penyuluhan kpada setiap masyarakat daerah malang bahwa pentingya penanaman tumbuhan karena hubungan konservasi tanah dan air sangat erat sehingga penanaman tumbuhan sangat penting agar tanah tidak erosi dan dapat menyerap air pada saat turun hujan dan mencegah datangnya banjir.

    BalasHapus
  43. terima kasih untuk jawaban dari mbk septi .
    jawabannya cukup membuat saya paham, namun ada beberapa kata yg membuat saya sedikit bingung yaitu mbk septi mengatakan bahwa 'dalam hal ini air hujan di dalam tanah tidak hanya digunakan untuk pertanian saja tetapi air hujan didalam tanah berfungsi untuk Mengurangi ancaman terjadinya banjir karena dengan menanam air berarti mengurangi volume air yang mengalir di permukaan tanah yang berpotensi menyebabkan bencana banjir'.
    nah itu yg dimaksud menanam air itu seperti apa? apakah menyimpan cadangan air atau apa? setau saya utk kata" menanam itu digunakan utk tumbuhan :)
    kemudian utk saudara berlian, saya ingin bertanya, anda mengatakan jika anda menjadi penentu kebijakan di kota malang, anda akan menghindari penggunaan paving,aspal dll yg bisa mengganggu penyerapan air kedalam tanah,
    kita tau kenyataan yg ada sekarang, bahwa di era globalisasi sekarang semakin banyak pembangunan yg menggunakan paving bahkan aspal, saya ambil contoh di helipet kampus kita kan akan diganti dengan penggunaan paving, yang dulunya rumput sekarang diganti paving yang otomatis akan mengganggu penyerapan air kedalam tanah.
    bagaimana cara anda sebagai seorang penentu kebijakan dalam menyikapi hal itu??

    BalasHapus
  44. Saya sependapat dengan apa yang telah disampaikan oleh teman-teman, dimana adanya keterkaitan yang erat antara tumbuhan dan konservasi tanah. Konservasi tanah diartikan sebagai penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah (Arsjad, 2000). Jadi,konservasi tanah itu adalah tindakan penyesuaian macam pengunaan dengan kemampuan tanah yang memberikan perlakuan sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan , agar tanah dapat berfungsi secara maksimal.
    Tentu ada keterkaitan antara konservasi tanah dengan tumbuhan.Adanya keterkaitan ini disebabkan tumbuhan adalah salah 1 faktor penting yang membantu peresapan air ke dalam tanah. Dimana tumbuhan tersebut menggunakan sistem perakarannya untuk memalukan evapotranspirasi dan mencegah berbagai jenis degradasi tanah,misalnya erosi pada tanah. Saat air melimpah, misalkan saja saat hujan lebat, sebagian air akan diserap oleh tanah, akar tanaman, dan sebagian lagi akan mengalir ke tempat yang lebih rendah, misalnya laut. Air hujan akan masuk ke dalam tanah sebagai air infiltrasi dan air tanah serta hanya sedikit yang menjadi air limpasan. Disinilah tumbuhan dapat membantu mengatasi masalah konservasi air tanah tersebut. Dimana perakarannya akan dapat menyerap air yang ada dipermukaan, sehingga meminimalisir terjadinya banjir dsb.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan di kota Malang, yang akan saya lakukan adalah
    ~ melakukan penyuluhan pada warga tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan bagaimana
    konservasi nya.
    ~ Pada kota Malang, tiap perusahaan maupun pabrik diwajibkan untuk menyumbuangkan
    sebidang tanahnya untuk penanaman pohon yang dinilai efisien untuk peresapan air tsb.
    ~ Diharuskannya tiap warga menjaga kebersihan parit dsb, untuk menanggulangikelimpahan air
    saat terjadinya hujan.
    ~ Adanya penanaman pohon yang dinilai tepat dalam konservasi pada pinggir-pinggir jalan
    (karena kita tau, genangan air juga sering terlihat pada ruas-ruas jalan).
    ~ yang paling penting adalah masih harus dipertahankannya lahan-lahan yang tersisa dan efektif
    dalam penyerapan air ( dalam artian jangan mengubah lahan tersebut menjadi bangunan atau yang lainnya).

    BalasHapus
  45. saya sependapat dengan semua komentar dari teman-teman.....kita ketahui bahwa Konservasi tanah dalam arti yang luas adalah penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan agar tidak terjadi kerusakan tanah. Dalam arti yang sempit konservasi tanah diartikan sebagai upaya mencegah kerusakan tanah oleh erosi dan memperbaiki tanah yang rusak oleh erosi. Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air hujan yang jatuh ke tanah untuk pertanian seefisien mungkin, dan mengatur waktu aliran agar tidak terjadi banjir yang merusak dan terdapat cukup air pada waktu musim kemarau. Oleh sebab itu konservasi tanah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan konservasi air. Setiap perlakuan yang diberikan pada sebidang tanah akan mempengaruhi tata air pada tempat itu dan tempat-tempat di hilirnya. Oleh karena itu konservasi tanah dan konservasi air merupakan dua hal yang berhuibungan erat sekali, berbagai tindakan konservasi tanah adalah juga tindakan konservasi air.
    berikut mekanismenya yaitu: dimana tumbuhan tersebut menggunakan sistem perakaran untuk melakukan proses evapotranspirasi yang terjadi di dalam tanah dan dapat memmbantu meminimalisir kebutuhan air yang akan diserap oleh tanah pada tunbuhan tersebut sehingga mencegah terjadinya erosi.
    Jika saya menjadi penentu kebijakan di kota Malang, yang akan saya lakukan yaitu bersosialisasi kepada masyarakat dimana kita mengajak untuk gotong-royong dalam melakukan suatu reboisasi, penghijauan dan menjaga serta melindungi kelestarian hutan,yang terpenting adalah kebersamaan masyarakat agar suatu yang kita harapkan berjalan dengan lancar, dengan hal ini maka flsh back dari semua itu tidak akan sia-sia, malah akan menguntungkan bagi masyarakat kota malang,seperti itu.......

    BalasHapus
  46. semua pendapat teman-teman pada intinya sama dan benar menurut saya. seperti yang kita ketahui bahwa konservasi tanah merupakan upaya atau tindakan untuk perbaikan kerusakan tanah akibat erosi. sedangkan konservasi air merupakan upaya pengendalian volume air yang mengalir pada permukaan tanah agar tidak terjadi banjir yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.keduanya saling memiliki keterkaitan. disini mekanisme nya adalah tumbuhan terutama bagian akarnya berperan penting dalam proses penyerapan air dari dalam tanah. hal ini dapat kita sebut sebagai proses evapotranspirasi, yaitu proses menghilangnya air dari permukaan tanah oleh tumbuhan.proses evapotranspirasi bisa kita ketahui dari siklus hidrologi,, dimana air pada pemukaan darat mengalami penguapan. dan tumbuhan sebagai salah satu faktor yang berperan penting dalam proses evapotranspirasi tersebut. dengan adanya akar tumbuhan. proses evapotranpirasi sendiri memiliki peranan penting untuk meminimalisir terjadinya erosi pada tanah.
    dan jika saya menjadi penentu kebijakan di Kota Malang, yang akan saya lakukan adalah memberikan sosialisasi pada warga tentang pentingnya pelestarian lingkungan untuk mencegah erosi yaitu mengajak warga malang melakukan penghijaun mellui program penanaman seribu pohon serta mengajak warga untuk tetap peduli dan merawat pohon** tsrb, agar tidak menjadi tindakan atau upaya yang sia- sia semata
    .

    BalasHapus