Selasa, 06 Desember 2011

HASIL DISKUSI VIA-GROUP FACEBOOK KELAS IIIA




Jakarta (walhi, 30/11/2011 ) Pembuangan limbah tambang ke laut terbesar di dunia berlangsung di Teluk Senunu, NTB. Kawasan tersebut memiliki keragaman hayati yang tinggi. Kawasan tersebut masuk ke dalam kawasan Coral Triangle (segitiga terumbu karang). Kawasan Segitiga Terumbu Karang adalah kawasan terkaya akan kehidupan laut diantara semua laut di Planet Bumi. Kawasan ini juga disebut sebagai “Amazon of the Seas (Kawasan Amazon di Laut)”, sebagai pusat kehidupan laut yang melimpah akan beragam jenis mahluk hidup. Di kawasan ini ditemukan lebih dari 75 % spesies terumbu karang yang telah dikenal di bumi, terdiri dari sekitar 600 spesies koral. Di dalam kawasan Segita Terumbu Karang terdapat 3000 jenis spesies ikan. Bagaimana Anda menyikapinya?

Rike Aja Menurut saya selain pemerinta yg harus bertidak tegas untuk menghentikan pihak-pihak yang membuang limbah di kawasan tersebut, sebagai mahasiswa kita harus menanamkan wawasan rasa cinta dan perduli pada lingkungan. Sehingga kita dapat memberi penyuluhan atau wawasan tentang pentingnya trumbu karang bagi ekosistem laut. Dengan cara tersebut secara tidak langsung masyarakat akan lebih perduli dengan lingkungan dan tidak lagi mencemari lingkungan dengan limbah.

Ely Azahratunnufuus Dss seharusnya Pemerintah setempat dan lingkungan setempat menjaga wilayah tersebut karena jika dijaga terus menerus dan pemerintah dapat mengelola dengan baik kemungkinan besar akan menjadi wilayah yang dapat menghasilkan keuntungan besar atau pemasukan buat wilayah tersebut bukan malah dicemari.
atau jangan2 pencemaran ini sudah diketahui oleh pemerintah tapi pemerintah tetap mendiamkannya karena mungkin yang mencemari sudah mendapat ijin bahkan mungkin pemerintah setempat dapat keuntungan dari sipencemar tersebut.....

Amy Aiiyunda Deraaldee Dahlia Ini masalah internasional, bukan Pemerintah lokal saja yang wajib turun tangan.
Hal ini bukan sekedar wacana saja, sudah seharusnya masalah ini dibawa ke Mahkamah Konstitusi, mengadili para penjahat lingkungan tersebut adalah hal sepantasnya.
Apalagi masalah lingkungan adalah masalah global dan sedang giat-giatnya dibicarakan oleh dunia, terutama oleh negara-negara yang tergabung dalam PBB.
Jika masalah pemanasan global saja berdampak penarikan pajak bagi negara-negara industri, tentunya masalah ekosistem laut ini juga tidak bisa dibiarkan.
Saya sebagai mahasiswa mungkin hanya bisa berupaya minim, dengan seringnya melakukan orasi perbaikan lingkungan dimulai dari diri sendiri, sekitar, bahkan khalayak banyak.
Ada wadah yang bisa membantu kita, yaitu IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia), dengan menggiatkan program-programnya saat Hari Bumi dan Lingkungan Hidup. Jika kita bersatu, saya rasa suara kita akan didengar oleh Pemerintah dan mungkin Badan Internasional.
Bukankah sudah seharusnya kita diutus Allah sebagai khalifah di muka bumi ini untuk tidak melakukan kerusakan terhadap lingkungan..???

Ely Azahratunnufuus Dss saya setuju dengan Amy Aiiyunda Deraaldee Dahlia,,,,bahwa kita sebagai mahasiswa tidak bisa melakukan banyak hal tapi dimulai dari diri sendiri & peduli dengan lingkungan sekitar...
agar lingkungan sekitar kita tidak tercemari karena bila lingkungan sudah tercemari maka banyak penyakit yang berkembang bahkan akan berdampak lebih buruk lagi bagi dunia....
tunjukan bahwa Indonesia bisa (bisa lebih baik lagi) :D

Nur Azizah respon yang diberikan oleh teman2 diatas , menjadi respon positif yang diberikan. limbah yang dibuang ketempat seperti itu yang sudah dijelaskan banyak akan kenakeragaman hayati itu , seharusnya tidak dilakuakn. alangkah baiknya jika hal itu dapat dipikirkan bersama tidak hanya dari pihak pemerintah . namun juga kesadaran dari masyarakat itu sendiri. bukankah sdah ada surat dari dinas setempat dalam hal ini dalam pembuangan limbah pada laut. seharsnya pembuangan limbah pada laut ini harus segera dihentikan. konservasi untuk meningkatkan kenaekaragaman hayati juga lebih ditingkatkan ,menigngat ancaman yang semakin kuat. jika tidak ada sikap yang tegas , dan jika hal ini terus berlangsung maka akan membuat spesies yang ada dilaut akibat pencemaran limbah tambang akan mati. pembuangan limabah tambang ke laut harus dihentikan

Amy Aiiyunda Deraaldee Dahlia kepada Saudara Ely Azahratunnufuus Dss : Mungkin hal tersebut berdampak sangat minim pada lingkungan, tapi setidaknya kita sudah mencoba berusaha memberikan kontribusi pada lingkungan..

SYani Wahyuni apa yang telah dikatakan sahabat sahabat di atas cara atau langkah langkah yang mestinya kita ambil dan lakukan. menurut saya pembuangan limbah yang dilakukan sangat mencemari lingkungan dan sangat merusak kehidupan yang ada dilaut seperti yang telah dijelaskan banyak kehidupan yang ada di dalamnya, langkah yang seharusnya dilakukan yaitu bekerja sama dengan semua pihak dari pemerintah yang seharusnya dapat membuat suatu keputusan dan peraturan yang tegas sampai kita sebagai individu.

Nur Azizah memang akan sangat riskan sekali dalam mebahas tentnag lingkungan , apalagi dengam kondisi lingkungan yang sekarang semakin rusak saja. perlu adanya sikap tegas dari pemerintah untuk pengelola tambang akan dibicarakan tempat untuk pembuangan limbah itu sendiri
http://sindikasi.inilah.com/read/detail/1803334/petani-rumput-laut-gagal-panen-akibat-tambang
bahkan sekarang sudah ada yang lebih parah bahkan merusak pada ekonomi masyarakat, silahkan kunjungi link diatas, ini link asli bukan virus

Kumay Autish hal dasar yang harus kita lakukan adalah untuk menanamkan rasa nasionalis dan pendidikan dini atas kepemilikan negara. yang akan membuat kita sadar, bhwa kita yang memiliki bumi kita.sehingga saat kita merusak bumi maka kita juga terasa sangat dirugikan.
dan yang kedua adalah dengan cara pembuatan teknik pembuangan yang tidak mencemari lingkungan.:)

HeLdya Thyank'z GaLuch saya sangat menyesalkan apabila terjadi pembuangan limbah tambang ke laut karena dapat merusak biota-biota laut apalagi terumbu karang. apalagi sudah kita ketahui bahwa terumbu karang dapat tumbuh dengan waktu yang sangat lama. jika terumbu karang rusak maka ikan-ikan juga akan mata karena banyak ikan-ikan yang menggantungkan hidupnya dari adanya terumbu karang. saya juga setuju dengan pemerintah yang mengadakan aksi peningkatan konservasi dan rehabilitasi keanekaragaman hayati, 2003-2020 yaitu Program pencegahan pencemaran ekosistem laut akibat pembuangan tailing dari pertambangan baik secara langsung maupun lewat sistem sungai setempat. Indikator keberhasilan dari program tersebut ditetapkan adalah pelarangan teknologi sub marine tailing disposal (STD) (pembuangan limbah pertambangan ke bawah permukaan laut) pada tahun 2004; pencabutan ijin pertambangan yang membuang tailing ke sungai paling lambat tahun 2003, dan mencabut semua perusahaan yang menerapkan STD pada tahun 2004.untuk tindakan penyelamatan keragaman hayati Indonesia di laut, khususnya di Teluk Senunu dan sekitarnya, praktek pembuangan limbah ke laut harus di hentikan. Kerusakan yang telah timbul harus segera direhabilitasi.

Zida Tharmum Pendapat dari temn2 sudah bagus untuk menyikapi peristiwa seperti itu,,mungkin dari saya bisa memberikan pendapat tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut mungkin bisa dengan teknik bioremediasi pada pembuangan air limbah,,mungkin dengan demikian secara sedikit demi sedikit tempat yang dijadikan pembuangan limbah tersebut dapat pulih kembali,,,,dan ikan2 yang ada disitu dapat mempertahankan hidupnya,,,selain itu sangat dibutuhkan peran kita sebagai mahasiswa dan peran pemerintah misalnya suatu lembaga yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan

Iid Zheoust II masalah ini memang sudah sering dibicarakan namun sampai saat ini tidak ada sikap tegas dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini, butuh kesadaran dari individu masing masing, sayaa setuju dengan para sahabat diatas , sebagai mahasiswa kita harus memulai dari diri sendiri untuk mencintai dan melestraikan lingkungan sekitar. dan dari hal kecil tersebut insyaallah akan menghasilkan dampak yang besar bagi lingkungan sekitar.

Fefi Praswangi sangat berdmpk bruk bgi khidupan dalam laut..krena dpt merusak kekayaan alam bwah laut..selain itu jg dpat menimbulkan pencemaran kualitas lingkungan menjadi menurun..pada kelangsungan lingkungan abiotik dan biotiknya dan ketidak seimbangan lingkungan perairan.

Eka Putri Kurnia Berdasarkan kutipan di atas saya sangat miris membacanya untuk kawasan yang di sebut Amazon of the Seas karena merupakan salah satu hal yang patut dibanggakan dari negeri kita. Namun kejadian tersebut menjadi tidak tabu lagi untuk di bicarakan. Menurut saya baik masyarakat sekitar, aparat pemerintah maupun lembaga-lembaga yang peduli lingkungan bergandeng tangan saling bekerja sama untuk melindungi kawasan tersebut. Pemerintah bisa saja memberi sanksi tegas bagi siapa pun yang membuang sampah sembarangan di kawasan itu.

Ichigo Riezka saya setuju dengan pendapat teman2..
tidak seharusnya biota laut yang sangat bernilai dirusak dengan pembuangan limbah seperti itu,,, kita hendaknya menjaga ekosistem yang ada, baik di peraiaran maupun di darat..

Epie Clalu Dhicini saya sependapat dengan teman2, memang sebenarnya laut agar tetap indah akan kekayaan yang dimilikinya dan semua kehidupan yang ada didalamnya agar tetap terjaga maka kita harus andil dalam menjaganya. pembuangan limbah yang dilakukan sesuai dengan kasus diatas memang sangat berpengaruh terhadap ekosistem yang ada didalam laut tersebut sehingga kita sebagai warga negara yag ingin merasakan atau melihat agar laut tersebut tetap indah maka langkah yang harus diperhatikan adlah keikutsertaan menjaga dan bagi pemerintah seharusnya selalu peduli terhadap lingkungan yang ada dan menyikapi kasus2 seperti yang terterah diatas.

Eka Putri Kurnia semuanya kembali lagi kepada individu masing-masing, y teman-teman...demi kelangsungan hidup

Ichigo Riezka siiip kaa....

Iin Menantie Kamoe sangat di sesali sekali karena dengan pembuangan limbah dapat mengurangi keanekaragaman hayati di indonesia ini. seharusnya para pemerintah memberi hukuman kepada orang-orang yang sudah merusak bumi dan seharusnya mereka menjaga bukan malah merusak....saya juga setuju dengan pendapat Eka Putri Kurnia memank semua tu kembali pada individu masing2,,,akan kah lebioh baiknya kita sebagai generasi penerus menjaga dan melindungi alam sekitar kita...

MewMew BumbLebe Nag'naKenthang Sebagai negara kepulauan, laut adalah bagian penting bagi penghidupan rakyat Indonesia. Oleh karenanya pembuangan limbah berbahaya ke laut, termasuk tailing yang merupakan sisa pertambangan tidak dapat dibenarkan. Dampak dari pembuangan limbah tailing ke laut ini sangat dirasakan oleh masyarakat nelayan di sepanjang Pantai ini, karena penghasilan mereka menurun, ikan makin sulit ditangkap dan jarak menangkap ikan makin jauh ke tengah laut,semua ini disebabkan oleh polutan. Untuk mendapatkan ikan, nelayan mesti pergi ke lokasi yang agak jauh, selain itu, hasil tangkapan ikan juga menurun drastis. Hal ini jelas sangat berdampak bagi kehidupan nelayan di kawasan tersebut yang menggantungkan hidup mereka pada hasil laut. Selain itu juga, perempuan di daerah ini juga berperan sebagai penangkap nener yang biasanya dilakukan dengan berenang di wilayah pesisir, maka lebih rentan terhadap kontaminasi air laut yang tercemar logam berat. Untuk yang lebih tepatnya dilakukan rehabilitasi pada kerusakan – kerusakan di daerah Teluk Senunu tersebut.

MewMew BumbLebe Nag'naKenthang ‎Iid Zheoust II melakukan gugatan id pada PT Newmont Nusa Tenggara (NNT)

Epie Clalu Dhicini memang ya seharusnya pemerintah harus ikut berperan dengan tegas untuk menanggapi kasus tersebut

Ovy Rachmanussa sangat buruk sekali tindakan yang seperti itu, sebab laut dan juga seisinya itu merupakan keindahan yang tag ternilai..Sebagai ciptaan Tuhan YME kita patutnya dapat memeliharanya bukan mlah merusaknya..

Iin Menantie Kamoe ‎Ovy Rachmanussa yaa tu setuju sekali vii ciptaan tuhan malah di rusak,,,

Iin Menantie Kamoe ‎Epie Clalu Dhicini ya piii pemerintah kurang tegas sehingga terus terjadi kerusakan lingkungan

MewMew BumbLebe Nag'naKenthang tapi ya sekarang kembali pada manusia itu sendiri,tidak semuanya kesalahan pemerintah..dengan adanya penambangan itu kan juga masuk visa negara..cuma yang dipermasalahkan itu adalah limbah yang dibuang ke laut..
Zida Tharmum Dalam al-qur'an saja sudah jelas dikatakan dalam surat al-a'raff ayat 56 yang berbunyi " dan janganlah kamu membuat kerusakan dimuka,sesudah ALLAH memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya dengan rasa takut(tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan) sesungguhnya rahmat ALLAH amat dekat kepada orang2 yang berbuat baik

Iin Menantie Kamoe ‎MewMew BumbLebe Nag'naKenthang tapi dalam indonesia penganut republik dan demonstrasi pemerintah sangat berperan dalam segala hal saya tau sech kalau bahwa sanya pemerintah juga manusia biasa yang tidak sempurna itu sudah resiko menjadi pemerintah orang yang di anggap berkuasa dan menjadi panutan masyarakat pemerintah harus tegas kalau bukan pemerintah siapa yang menegur mereka,,,seharusnya juga limbah itu tidak di buang ke laut dan seharusnya juga pt tsb mempunyai tempat pembuanga limbah sendiri tanpa merugikan alam sekitar

Awa Celalucelia sungguh sangat disayangkan, hal seperti ini seharusnya tidak dilakukan, perlu pemeriksaan atau kembali atas ijin perusahaan tersebut, laut merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan juga merupakan aset wisata daerah itu sendiri serta negara dimana ini merupakan penambahan pemasukan bagi daerah atw negara itu sendiri.. perhatian dr pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah ini, karena menyangkut ijin kerja perusahaan itu sendiri..Semoga pemerintah kita peka terhadap apa yg terjadi di negara kita ini, sehingga tidak ada lg kejadian seperti ini.... ^_^

Ovy Rachmanussa INTINYA itu semua dari individu diri sendiri nya masing masing, kalu kita sadar, kita tidak akan berbuat seperti itu lah..hmmm.Itu semua lo indah sekali, alamiah sekali dan sepatutnya untuk dilindungi tu..SADARLAH WAHAI MANUSIA DI MUKA BUMI

MewMew BumbLebe Nag'naKenthang UANG telah membutakan segalanya,tidak bisa dipungkiri bahwa negara kita kita masih negara berkembang,tapi mereka untuk menjadi negara yang maju melakukan hal yang salah..langkah mereka malah menghancurkan kekayaan negara kita..

Zida Tharmum temen-temen ayo kita mulai dari diri kita sendiri,,,jangan selalu mengandalkan pemerintah yang kadang tidak peduli terhadap lingkungan,,mungkin yang bisa kita lakukan saat ini adalah memberikan penyuluhan dan pengetahuan terhadap orang-orang yang tidak peduli akan lingkungan bahwa lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang seharusnya menjadi suatu impian. Kenapa sering terjadi kerusakan di muka bumi??? itu karena ulah manusia yang tidak pernah menyadari bahwa alam ini seharusnya dijaga bukan malah dirusak.mulailah dari hal yang paling kecil hingga sesuatu yang paling besar,,,smua itu butuh proses kawan,,,,,,

Fefi Praswangi yang perlu diperhatikan skrang bgaimana cara kita sendiri dalam menjaga kekayaan alam dan kualitas lingkungan yang baik..tentu juga tidak mudah juga untuk dilakukan..tapi semuannya itu demi kelangsungan hidup manusiannya sendiri,,
MewMew BumbLebe Nag'naKenthang hal paling kecil,dimulai dengan MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA!!!

Zida Tharmum I agree with your opinion,,,,,you are right

Epie Clalu Dhicini sangat setuju dengan saudari meme

Wawan Karisman menurut saya, harus ada gerakan dari masyarakat terutama dari kalangan nelayan karena jika tidak ikan sebagai sumber daya alam yang ada di laut akan habis. selain itu, dari faktor ekologi juga akan merusak organisme yamng ada dilut tersebut. sehingga hal ini harus di cegah baik melalui gerakan pemerintah setempat dan masyrakat setempat.

Darwis Husain pernyataan diatas pernah terjadi didaerah saya (tepatnya di laut teluk tamiang kecamatan pulau laut barat kabupaten kotabaru kalimantan selatan), laut teluk tamiang adalah laut yang memiliki keanekaragaman biota laut. mulai dari berbagai macam terumbu karang, jenis ikan hias. selain itu, diperairan ini juga manjadi tempat budidaya ikan korapu, budidaya rumput laut, bahkan pantai dari laut ini masih sering disinggahi penyu untuk bertelur. ditempat ini juga sering ditemukan kerang mutiara. sungguh kaya bukan?
setelah masuknya perusahaan batubara, pencemaran mulai terjadi, laut yang dulunya biru berubah menjadi kecoklatan, karamba sebagai tempat budidaya ikan pun gulung tikar, budidaya rumput laut sudah jarang dilakukan, dan penyu sudah tidak terlihat lagi bertelur dipantai teluk tamiang.
kami sebagai masyarakat setempat telah melakukan teguran ke perusahaan tersebut. tp sampai saat ini pencemaran terus terjadi.

Overview Teluk Tamiang ujung pulau yang Eksotik pernah berangan angan untuk perg...i jalan2 untuk menikmati pantai yang jernih , suasana pantai yang tenang,gugusan terumbu karang,ikan2 yang mehiasi terumbu karang..masyarakat kalimantan selatan mungkin belum banyak mengetahui tempat seperti itu juga...

Nindy Emblem menurut saya tidak seharusnya membuang limbah di teluk tersebut. karena dapat merusak terumbu karang dan ekosistem yang ada di teluk tersebut. seharusnya melakukan pengolahan limbah tambang tersebut, yang mengandung Al untuk dijadikan tawas, limbah yang mengandung tembaga untuk diambil tembaganya, dan limbah skrap besi untuk dijadikan ferosulfat, baik pada skala laboratorium maupun skala pilot.

Anggier Yunita seharusnya tidak di buang di teluk tersebut tetapi uang adalah segalanya,seharusnya limbah di olah dan tidak di buang di teluk tersebut karena nanti bisa rusak atau hancur dan anak cucu kita tidak bisa menyaksikan keindahan di teluk tersebut

HeLdya Thyank'z GaLuch Ayooo teMan2. . .
Bangkittt...
Kalau bukan kita siapa Lagi.
Kitaa lindungi keanekaragaman biota laut,agar generasi selanjutnyaa masih dapat menikmatii keindahannya.

Ankgrell Sii Sencoriouwszt seharusnya limbah pada tambang tidak dibuang langsung di buang ke laut melainkan diproses atau di olah terlebih dahulu agar kandungan kimia yang ada di limbah tersebut tidak merusak ekosistem yang berada di dalam ekosistm tersebut,,karena terumbu karang akan mati terkena kandungan kimia dari limbah tersebut,dan seharusnya pemerintah harus tanggap terhadap masalah ini dan perlu mempertahankan terumbu karang yang ada dan indonesia merupakan negara yang mempunyai sumber nufta yang terbanyak,,dan pemerintah seharusnya memberikan penyuluhan tentang pentingnya kelestarian lingkungan dan harus bertindak secaraa tegas dan memberantas pencemaran dari lingkungan tersebut

Ankgrell Sii Sencoriouwszt Betul siapa lagii klo bukan kita yangg peduli lingkungan...

Rian Jack's saya sependapat dengan tman2 smua,, pada dsarnya kita memang harus memulainya pada diri sendiri,, seperti yg dkatakan saudari Zida Tharmum kita jgn mengandalkan pemerintah yg sama sekali kurang peduli dengan lingkungan,, klo bsa kita harus bisa mewudkannya sendiri,, dengan melakukan sosialisasi kpada masyarakat skitar betapa pentingnya alam yg ada dsekitar kita,, slah satunya dengan membentuk kawasan konservasi, yg menggerakkan masyarakat stempat pula....
seandainya masyarakat stempat menjadikan teluk senunu sebagai kwasan konservasi dan bersama-sama dlm menjaganya,, insyaallah teluk senunu bsa sdikit demi sdikit mengalami pembaikan,, dan masyarakat stempat "terutama nelayan" bsa kmbali menuai hasil kekayaan alam dari laut tersebut....

ElyHa Lm bagus sekali pendapat2 sahabat saya ini,,,
jika sudah dari pribadi masing-masing tumbuh keinginan untuk menjaga bumi ini dari kerusakan, maka Insya Allah Fa InsyaAllah kasus ini tidak akan terjadi. kita harus sadar bahwasannya bumi ini milik kita bersama dan sudah semestinya untuk menjaganya dari kerusakan sebagaimana dalam Al-Qur'an "Innallahu La Yuhibbul Mufsidin" yang artinya "Allah itu tidak senangn pada orang2 yang membuat kerusakan"
Pembuangan limbah yang dilakukan merupakan salah satu perbuatan yang bisa membuat kerusakan pada lteluk dan speise didalamnya. itu yang bisa saya tambahkan .....

MewMew BumbLebe Nag'naKenthang semua komentar sahabat* bagus....jadi untuk selanjutnya ap yang harus dilakukan? :)

Rinaa D'jyantii mengadakan sosialisasi seperti apa yg tlah d katakan oleh sdra saya Rian,.. memang perlu adany kesadaran dr dri sndr namun ksadaran sndr itu untk pecegahan pencemarn limbh. pecemaran yg sudh terjd tersebt sebaikny d atasi dgn kerjasama antara pemerintah dgn masyarakt sktr,.. adanya kebijakn pemerintah untk pihak2 yg tlah sengaja melangsgkan pencemaran tersebt,..

Zida Tharmum semangat....................^_^

1 komentar: